Salam Korea – Bagaimana Cara Membungkuk

Seorang teman asing saya yang meninggalkan Korea setelah tinggal di sini beberapa tahun mengatakan kepada saya bahwa kebiasaan Korea yang paling sulit untuk dihilangkan,adalah membungkuk. Tentu saja. Di Korea, membungkuk sama dengan salam, yang berarti mengucapkan salam dan selamat tinggal, dan bagaimana Anda hidup sehari tanpa melakukan hal itu?

Meskipun membungkuk adalah salam kedua Korea dan “protokol” untuk membungkuk juga datang secara alami, saya menemukan bahwa beberapa orang asing bingung tentang bagaimana dan kapan untuk membungkuk (tidak semua orang membungkuk untuk memberi salam), jadi inilah pengenalan yang cepat.

Pedoman Umum

Membungkuk umumnya diperuntukkan sebagai salam hormat untuk seorang senior atau ketika berada di perusahaan seseorang dengan rekan-rekan, untuk acara-acara resmi. Kalian akan jarang melihat teman-teman dekat membungkuk satu sama lain, misalnya, kecuali mereka adalah usia tertentu atau di arena publik. Melambai, menyapa teman dan kolega dengan siapa kalian memiliki hubungan yang akrab hal tersebut diperbolehkan.

Membungkuk sebagai salam sehari-hari jarang hanya diam saja. Salam disuarakan saat membungkuk dan biasanya selesai pada saat membungkuk selesai. Annyeonghaseyo (안녕하세요) atau annyeonghashimnika (안녕 하십니까) adalah “halo”, gamsahamnida (감사 합니다) adalah “Terima Kasih “.

Postur. Ingat ketika kalian masih kecil ibumu akan selalu berkata untuk “berdiri / duduk tegak?” ‘Postur’ adalah penting, bahkan ketika membungkuk. Membungkuk sampai pinggang, dan bukan leher. Salah satu cara membungkuk dengan tubuh bagian atas sampai pinggang , berdiri lurus dengan lutut tertutup.

Hal yang sopan untuk kembali membungkuk jika kalian menerima satu salam(membungkuk-red), kecuali kalian jelas-jelas seorang senior. Meskipun kalian tidak diharuskan untuk membungkuk ketika seorang anak membungkuk untuk kalian, tapi itu adalah isyarat yang bagus untuk melakukannya.

Bertukar kartu nama dan kartu bisnis adalah hal yang umum di Korea, dan kalian akan menemukan diri dalam situasi ketika kalian akan bertukar kartu dan membungkuk pada saat yang sama. Berikan kartu mu dengan kedua tangan dan menerima kartu dengan kedua tangan. Sekali kalian terbiasa untuk membungkuk, pengerjaannya seharusnya tidak terlalu sulit.

Berjabat tangan. Hal ini umum untuk berjabat tangan dalam pertemuan bisnis. Hal ini juga, dilakukan sambil membungkuk. Kadang-kadang kedua tangan digunakan untuk bersalaman dengan orang lain, kadang-kadang sudah cukup berjabat tangan dengan satu tangan. Tergantung situasi. Perhatikan bahwa perempuan Korea biasanya tidak menawarkan untuk berjabat tangan pertama, bahkan dalam situasi bisnis. Ada beberapa perempuan yang bahkan menolak ketika seorang pria menawarkan berjabat tangan, maka waspadalah. (Meskipun, dalam kasus orang asing, Anda mempunyai peluang untuk dimaklumi.)

Mari kita lihat membungkuk yang berbeda:

Membungkuk umumnya (Casual Bow)

 Adegan dalam drama Baker King Kim Tak Goo

Membungkuk, dengan cepat, ini adalah salam dengan teman dekat yang kedudukannya sama atau teman-teman, dan dalam situasi ketika kalian tidak dapat membungkuk: seperti di ruang sempit seperti lift atau angkutan umum. Hal ini juga dapat diterima saat kalian menjalankan ke dalam situasi yang sama bertemu dengan beberapa senior di siang hari.

Adegan dalam drama 49 days

Standar membungkuk (The standard bow)

Hormat sambil membungkuk 30º ~ 45º

Yang paling umum, ini adalah membungkuk dengan cara standar. Ini mengikuti semua panduan umum yang tercantum di atas. Hal ini digunakan untuk menyapa hampir siapa pun; junior senior dan bahkan. Kalian benar-benar tidak salah.

Membungkuk “sambil mememegang perut” (“Belly-button” Bow)

“sambil mememegang perut”  atau membungkuk dengan memegang perut (배꼽 인사) adalah cara hormat membungkuk secara formal yang banyak digunakan oleh perempuan berseragam, terutama pramugari dan pramuniaga. Istilah ini berasal dari fakta bahwa tangan yang menggenggam bersama-sama pada posisi perut ketika membungkuk. Tingkat membungkuk tergantung pada kesempatan itu tetapi 45 º adalah yang paling umum.

Orang-orang yang menggunakan seragam biasanya membungkuk secara formal “sambil memegang perut”

Membungkuk 90 º

Membungkuk ini secara harfiah disebut “membungkuk 90 busur derajat” (90 도 인사) dalam bahasa Korea. Ini adalah bentuk penghormatan dalam mengucapkan, yang menunjukkan pelayanan dan ketaatan. Walaupun niat baik, hal ini diparodikan dalam sandiwara komedi yang melibatkan gangster dan karyawan perusahaan yang terlalu bersemangat mencoba untuk menyenangkan senior mereka. Hal ini juga digunakan dalam kesempatan untuk permintaan maaf yang mendalam.

 Berjabat tangan dan membungkuk 90 derajat

Selain membungkuk biasa sehari-hari, tetapi lutut ditekuk ” Membungkuk keseluruhan ” (큰절) atau membungkuk mendalam yang digunakan untuk acara-acara khusus seperti liburan, pernikahan, pemakaman, jesa (제사, upacara leluhur), salam kepada sesepuh (orang yang dituakan-red) setelah lama tidak bertemu, dan menunjukkan penyesalan ekstrim atau terima kasih.

(Selebriti berterimakasih dengan membungkuk kepada penggemar mereka selama peristiwa atau membungkuk sementara meminta maaf untuk kesalahan adalah salah satu contohnya.)

Membungkuk keseluruhan dilakukan pada Hari Tahun Baru disebut ‘sebae’ (세배)
Hyun Bin membungkuk untuk fans
CN Blue Jungshin&Minhyuk membungkuk untuk fans

Jangan dilakukan!!

Tidak ada aturan ketat tentang membungkuk, tapi apa pun patut dilakukan, hal itu layak dilakukan dengan benar. Cobalah untuk menghindari hal-hal berikut:

  • Jangan membungkuk terlalu berlebihan kepada seseorang ketika kamu sudah dengan orang lain yang seorang senior. Sebagai contoh, ketika Anda dengan direktur departemen kamu dan manajer lewat, kamu tidak perlu memberi manajer membungkuk 90 º di hadapan direktur.
  • Jangan membungkuk terlalu “bawah” pada seseorang, yakni ketika kamu berada di tangga, pastikan untuk pada tingkat yang sama atau lebih rendah dari orang tersebut sambil membungkuk sebelum menyapa mereka.
  • “Membungkuk tetapi diam” adalah suatu yang kasar, kecuali kamu berada di sebuah lingkungan di mana kamu harus tenang seperti perpustakaan atau teater. Katakan hallo! Ucapkan selamat tinggal! Mengucapkan terima kasih!
  • Membungkuk bukan modern dance. Jangan mencoba untuk membungkuk sambil bergerak, misalnya berjalan, berlari, jogging. Luangkan waktu Anda untuk berdiri tetap dan memberikan salam yang tepat.
  • Meskipun tidak benar-benar aturan yang “jangan dilakukan”, orang Korea tidak membungkuk dengan tangan mereka bersama-sama dalam doa kecuali mereka Buddha atau dalam lingkungan agama. Negara-negara di Asia Tenggara memiliki kebiasaan dalam kehidupan sehari-harinya, tetapi tidak umum di sini.

Dan juga:

Apa yang kalian lihat? Meskipun membuat kontak mata pada pertemuan pertama adalah penting, kesalahan orang asing (dan bahkan anak-anak Korea) yang sering dibuat adalah mempertahankan kontak mata ketika membungkuk. Apa hasil dari sikap ini: batang leher Anda keluar saat sebagian tubuh kamu turun, membuat kamu terlihat seperti burung. Tidak sangat menarik.

  • Mengayunkan lengan yang tidak sesuai. Ah, mengayunkan lengan. Beberapa orang yang terlalu nyaman saat membungkuk. Kecuali jika kamu ingin terlihat seperti kamu mencoba untuk menyentuh jari-jari kaki Anda, hindari menjadi seperti gorila; jaga lenganmu tetap di sisi kamu.

Jadi itu saja. Terima kasih telah membaca posting ini^_^

Source : blog.korea.net/?p=262... ( English Korean )
shared by hancinema
indo trans by tea_ant @koreanindo
ilustrasi gambar oleh Suzy Chung
photo by google, cnbluestrom
Pos ini dipublikasikan di Dunia Hiburan Korea, Tentang Korea dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s